Pengertian e-Business atau definisi e-business adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dilakukan dengan menggunakan teknologi elektronik. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. E-business juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.
Penggunaan sehari-hari, e-business tidak hanya menyangkut perdagangan elektronik atau e-commerce saja. Dalam hal ini, e-commerce lebih merupakan sub bagian dari e-business, sementara e-business meliputi segala macam fungsi dan kegiatan bisnis menggunakan data elektronik, termasuk pemasaran Internet. Sebagai bagian dari e-business, e-commerce lebih berfokus pada kegiatan transaksi bisnis lewat www atau Internet. Dengan menggunakan sistem manajemen pengetahuan, e-commerce mempunyai goal untuk menambah revenu dari perusahaan..
E-bisnis memberi kemungkinan untuk
pertukaran data di antara satu perusahaan dengan perusahaan lain, baik lewat
web, Internet, intranet, extranet atau kombinasi di antaranya.
Pengertian ecommerce
Secara
sederhana istilah ini digunakan untuk menunjukkan pembelian dan penjualan
menggunakan teknologi internet.Tetapi istilah ecommerce itu sendiri bukan hanya
sekedar transaksi keuangan secara elektronik melalui organisasi dan pelanggan
saja melainkan juga merujuk pada semua mediasi transaksi secara elektronik
antara organisasi dan pihak ketiga. Jadi dengan definisi ini permintaan
pelanggan berupa informasi juga bisa disebut sebagai bagian dari ecommerce.
E Commerce dan E Bisnis adalah dua hal yang sama sekali
berbeda namun sayangnya kebanyakan dari kita selalu menukar penggunaannya.
Alasan di balik penggunaan yang salah ini terletak pada arti dari "bisnis"
dan "commerce" dalam bahasa Inggris. Tetapi terdapat perbedaan
antara e-commerce dan e-bisnis.
Perbedaan
antara keduanya adalah sebagai berikut:
1. Kegiatan yang pada dasarnya
melibatkan transaksi keuangan diistilahkan sebagai "e commerce".
Namun, e bisnis adalah istilah yang lebih luas. Ada banyak hal-hal lain selain
menjual, meski pemasaran termasuk didalamnya, termasuk pengadaan bahan baku
atau barang, pelanggan pendidikan, mencari supplier dan lain sebagainya.
2. E Commerce adalah bagian dari E
Bisnis. Jika Anda mengingat diagram Venn ketika belajar di sekolah, maka anda
dapat dengan baik memahami apa saya sampaikan. Bagian yang satu adalah konsep
yang sangat luas, sedangkan satunya hanyalah satu bagian kecil dari itu.
Hubungan ini akan dihapus pada poin berikutnya.
3. Untuk berjualan secara online
adalah e-commerce, namun untuk membawa dan mempertahankan pelanggan dan
mendidik secara online tentang produk atau layanan termasuk e bisnis. Memiliki
sebuah website untuk melakukan hal itu tidaklah cukup.
4. Tapi, membuat situs profesional
yang dibangun dengan teknologi terbaru untuk menangkap perhatian pengunjung dan
memenangkan apresiasi, maka itulah yang diperlukan. Bila uang yang terlibat,
maka hal pertama yang pengguna cari adalah keselamatan dan keamanan yang
menggunakan uang. Memiliki sebuah website dengan kualitas yang baik sangatlah
penting.
5. E Commerce juga telah ditetapkan sebagai
proses yang meliputi menarik pelanggan, pemasok dan mitra eksternal, sementara
e bisnis meliputi internal seperti proses produksi, manajemen inventaris,
pengembangan produk, manajemen risiko, keuangan dan lain sebagainya. Secara
keseluruhan, e commerce dapat digambarkan sebagai penggunaan internet dan Web
untuk transaksi bisnis. Lebih formalnya, secara digital memungkinkan terjadinya
transaksi komersial antara organisasi dan individu. Di sisi lain, e bisnis
dapat digambarkan sebagai proses digital yang memungkinkan proses transaksi
dalam perusahaan, melibatkan sistem informasi di bawah kontrol yang kuat.
Selain itu, aplikasi e bisnis bisa turun menjadi e commerce ketika sebuah pertukaran
nilai terjadi.
Model-Model E-Business
- B2C (Business to Consumers): Interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara individu dan organisasi.
- B2B (Business to Business): Interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara organisasi dengan organisasi (antar organisasi)
Pengaruh-pengaruh E-Business atas proses Bisnis
- Electronic Data Interchange (EDI): adalah protokol Standar, ada sejak era tahun 1970, untuk secara elektronik mentransfer (mengirimkan) informasi antar organisasi serta dalam berbagai proses bisnis.
- EDI:
–
Meningkatkan tingkat akurasi
–
Mengurangi biaya
Faktor-faktor keberhasilan E-Business
- Terdapat dua faktor penting dalam menetapkan keberhasilan langkah-langkah untuk masuk dalam e-business.
- Faktor pertama adalah tingkat kesesuaian dan dukungan aktivitas e-business atas strategi keseluruhan perusahaan.
- Faktor kedua adalah kemampuan untuk menjamin bahwa proses e-business memenuhi tiga karakteristik kunci yang dibutuhkan dalam transaksi bisnis apapun, yaitu :
-
Validitas, Integritas, dan Privasi
Insfrastruktur
ebisnis
Kemajuan teknologi komunikasi dan
jaringan, terutama internet, menyediakan inrastruktur yang dibutuhkan untuk
e-business. Bagian ini memberikan pengantar atas gambaran umum konsep jaringan
dan mendiskusikan isu-isu strategis yang berkaitan dengan metode-metode
alternatif yang dapat dipergunakan organisasi dalam mengimplementasikan
e-business.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar