Pengertian ecommerce
Secara sederhana
istilah ini digunakan untuk menunjukkan pembelian dan penjualan menggunakan
teknologi internet.Tetapi istilah ecommerce itu sendiri bukan hanya sekedar
transaksi keuangan secara elektronik melalui organisasi dan pelanggan saja
melainkan juga merujuk pada semua mediasi transaksi secara elektronik antara
organisasi dan pihak ketiga. Jadi dengan definisi ini permintaan pelanggan berupa
informasi juga bisa disebut sebagai bagian dari ecommerce.
E Commerce dan E Bisnis adalah dua hal yang sama sekali berbeda namun
sayangnya kebanyakan dari kita selalu menukar penggunaannya. Alasan di balik
penggunaan yang salah ini terletak pada arti dari "bisnis" dan "commerce"dalam bahasa Inggris. Tetapi terdapat perbedaan antara
e-commerce dan e-bisnis.
Perbedaan antara
keduanya adalah sebagai berikut:
1. Kegiatan yang pada dasarnya melibatkan
transaksi keuangan diistilahkan sebagai "e commerce". Namun, e bisnis
adalah istilah yang lebih luas. Ada banyak hal-hal lain selain menjual, meski
pemasaran termasuk didalamnya, termasuk pengadaan bahan baku atau barang,
pelanggan pendidikan, mencari supplier dan lain sebagainya.
2. E Commerce adalah bagian dari E Bisnis. Jika
Anda mengingat diagram Venn ketika belajar di sekolah, maka anda dapat dengan
baik memahami apa saya sampaikan. Bagian yang satu adalah konsep yang sangat
luas, sedangkan satunya hanyalah satu bagian kecil dari itu. Hubungan ini akan
dihapus pada poin berikutnya.
3. Untuk berjualan secara online adalah
e-commerce, namun untuk membawa dan mempertahankan pelanggan dan mendidik
secara online tentang produk atau layanan termasuk e bisnis. Memiliki sebuah
website untuk melakukan hal itu tidaklah cukup.
4. E Commerce juga telah
ditetapkan sebagai proses yang meliputi menarik pelanggan, pemasok dan mitra
eksternal, sementara e bisnis meliputi internal seperti proses produksi,
manajemen inventaris, pengembangan produk, manajemen risiko, keuangan dan lain
sebagainya. Secara keseluruhan, e commerce dapat digambarkan sebagai penggunaan
internet dan Web untuk transaksi bisnis. Lebih formalnya, secara digital
memungkinkan terjadinya transaksi komersial antara organisasi dan individu. Di sisi lain, e bisnis dapat digambarkan sebagai proses
digital yang memungkinkan proses transaksi dalam perusahaan, melibatkan sistem
informasi di bawah kontrol yang kuat. Selain itu, aplikasi e bisnis bisa turun
menjadi e commerce ketika sebuah pertukaran nilai terjadi
Model-model ebisnis
1.
Storefront model
Storefront = toko online
Menggabungkan transaction
processing, security, online payment, information storage
Memunculkan teori baru yaitu :
internet marketing
Dapat diterapkan untuk bisnis
besar maupun kecil
2. Auction Model
Menjual dengan cara lelang online
Ada 2 macam log-on : bidder dan
seller Seller dapat menginformasikan produk apa yang akan dijual dan harga
minimal yang diinginkan.
Bidder dapat mencari barang yang
ingin dibeli, dan memberikan penawaran harga tertingginya
3. Portal Model
Pengunjung dapat melihat segala
macam informasi dalam 1 halaman Search engine = horizontal
Portal,membagi informasi dalam
banyak topik
Contoh : Hotbot.com, About.com,
Altavista.com, Yahoo.com, Google.com
4. Dinamic Pricing Model
Harga dapat diatur sesuai dengan
situasi secara otomatis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar