Translate

Senin, 05 November 2012


Pengertian ecommerce
Secara sederhana istilah ini digunakan untuk menunjukkan pembelian dan penjualan menggunakan teknologi internet.Tetapi istilah ecommerce itu sendiri bukan hanya sekedar transaksi keuangan secara elektronik melalui organisasi dan pelanggan saja melainkan juga merujuk pada semua mediasi transaksi secara elektronik antara organisasi dan pihak ketiga. Jadi dengan definisi ini permintaan pelanggan berupa informasi juga bisa disebut sebagai bagian dari ecommerce.
E Commerce dan E Bisnis adalah dua hal yang sama sekali berbeda namun sayangnya kebanyakan dari kita selalu menukar penggunaannya. Alasan di balik penggunaan yang salah ini terletak pada arti dari "bisnis" dan "commerce"dalam bahasa Inggris. Tetapi terdapat perbedaan antara e-commerce dan e-bisnis.
Perbedaan antara keduanya adalah sebagai berikut:
1. Kegiatan yang pada dasarnya melibatkan transaksi keuangan diistilahkan sebagai "e commerce". Namun, e bisnis adalah istilah yang lebih luas. Ada banyak hal-hal lain selain menjual, meski pemasaran termasuk didalamnya, termasuk pengadaan bahan baku atau barang, pelanggan pendidikan, mencari supplier dan lain sebagainya.
2. E Commerce adalah bagian dari E Bisnis. Jika Anda mengingat diagram Venn ketika belajar di sekolah, maka anda dapat dengan baik memahami apa saya sampaikan. Bagian yang satu adalah konsep yang sangat luas, sedangkan satunya hanyalah satu bagian kecil dari itu. Hubungan ini akan dihapus pada poin berikutnya.
3. Untuk berjualan secara online adalah e-commerce, namun untuk membawa dan mempertahankan pelanggan dan mendidik secara online tentang produk atau layanan termasuk e bisnis. Memiliki sebuah website untuk melakukan hal itu tidaklah cukup.
4. E Commerce juga telah ditetapkan sebagai proses yang meliputi menarik pelanggan, pemasok dan mitra eksternal, sementara e bisnis meliputi internal seperti proses produksi, manajemen inventaris, pengembangan produk, manajemen risiko, keuangan dan lain sebagainya. Secara keseluruhan, e commerce dapat digambarkan sebagai penggunaan internet dan Web untuk transaksi bisnis. Lebih formalnya, secara digital memungkinkan terjadinya transaksi komersial antara organisasi dan individu. Di sisi lain, e bisnis dapat digambarkan sebagai proses digital yang memungkinkan proses transaksi dalam perusahaan, melibatkan sistem informasi di bawah kontrol yang kuat. Selain itu, aplikasi e bisnis bisa turun menjadi e commerce ketika sebuah pertukaran nilai terjadi



Model-model ebisnis
1. Storefront model
Storefront = toko online
Menggabungkan transaction processing, security, online payment, information storage
Memunculkan teori baru yaitu : internet marketing
Dapat diterapkan untuk bisnis besar maupun kecil
2. Auction Model
Menjual dengan cara lelang online
Ada 2 macam log-on : bidder dan seller Seller dapat menginformasikan produk apa yang akan dijual dan harga minimal yang diinginkan.
Bidder dapat mencari barang yang ingin dibeli, dan memberikan penawaran harga tertingginya
3. Portal Model
Pengunjung dapat melihat segala macam informasi dalam 1 halaman Search engine = horizontal
Portal,membagi informasi dalam banyak topik
Contoh : Hotbot.com, About.com, Altavista.com, Yahoo.com, Google.com
4. Dinamic Pricing Model
Harga dapat diatur sesuai dengan situasi secara otomatis 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar